Tips Mencari Raket

Kali ini aku mau berbagi sedikit tentang mencari raket. Banyak pemain yang mengatakan bahwa raketnya gak cocok. dan menyalahkan raket karena tidak dapat memberikan pukulan terbaiknya. Sebenarnya yang menentukan baik atau tidak pukulan itu adalah diri sendiri. dan raket hanya memberikan apa yang kita butuhkan dalam permainan. seperti contoh, untuk orang yang memiliki power lebih dalam arti kata masih muda, ataupun memiliki otot yang kuat maka untuk menyempurnakan pukulan orang tersebut akan mencari raket yang memberikan kontrol yang baik. karena permainan tennis membutuhkan keseimbangan antara power dan kontrol.

Begitu secara teori. jadi hal pertama yang harus kita lakukan adalah menganalisa bagaimana tipe permainan kita. membutuhkan power yang kuat? membutuhkan kontrol yang lebih? atau keseimbangan antara keduanya. yang didapatkan dari pemain adalah mengetahui seberapa power kita, kelincahan dan kekuatan tangan. untuk skill dipengaruhi sebagian besar dari raket. skill yang dimaksud disini adalah dalam membuat spin, dan dalam meletakkan bola. bagi yang sudah membaca fakta raket dan senar mungkin bisa mengerti.

Power yang kita nilai adalah kekuatan kita dalam memukul bola, apakah sering Out kebelakang garis baseline, atau sering nyangkut di net. kalau sering out kebelakang artinya tenaga kita terlalu berlebihan. dan sebaiknya menambahkan kontrol dan spin dalam permainan. dg arti kata raket yang headsizenya dibawah 100, dan mencari string pattern yang longgar, contoh 16×18, ataupun raket yang lebih ringan “head”nya (2 pts head light. dengan senar yang memberikan banyak spin seperti natural gut atau synthetic gut.

Kelincahan yang kita nilai adalah kecepatan kita mengejar bola. karena untuk yang agak lambat mengejar bola bisa di pikirkan raket yang memilki headsize yang besar, ataupun raket yang panjang (27,5 inch)

Kekuatan Tangan yang kita nilai apakah tangan kita tahan dalam menerima getaran, dan bagaimana kekuatan tangan kita dalam memanuver raket. untuk yang tidak kuat getaran bisa dipikirkan raket yang agak berat, tapi perlu diseimbangkan dengan bagaimana dalam memanuver raketnya. kalau saran cari raket yang ringan saja agar manuver baik. dan untuk getaran tinggal dipasang peredam. baik dari raket langsung ataupun tambahan.
Sebagai kesimpulan

1. Untuk orang yang powerfull ataupun masih muda tapi tidak pemula disarankan memakai raket dengan karakteristik sebagai berikut :

  • Head Size Midsize – Midplus 90-100 square inch
  • Length 27 inch
  • Weight (300gr) Balance (even Balance)
  • String Patterm (16×19)
  • Stiffness 65-70
  • Senar : Syntetic gut atau Natural Gut
  • Tegangan : 56/54 pounds
  • Tambahan untuk Kronik string breaker disarankan memakai senar Hybrid string (campuran antara polyester dan synthetic atau natural Gut). seperti Luxilon Big Banger ataupun Campuran Babolat Pro Hurricane Tour dg Babolat Natural gut VS

Contoh Raket :

  1. Wilson K Factor Ksix-one
  2. Wilson K Factor Kblade
  3. Babolat Pure Drive Cortex
  4. Babolat AeroPro Drive Cortex
  5. Prince O3 Speedport Pro White Racquets
  6. Babolat Pure Control

2. Untuk pemain pemula disarankan memakai raket yang memberikan tenaga yang lebih daripada kontrol. karena untuk pemula, otot pada tangan dominan belum beradaptasi dengan kecepatan bola yang datang. Karakteristiknya sebagai berikut

  • Head Size oversize-oversize plus 100-110 (usia remaja) 110++ (dibawah 10 th) square inch
  • Length 27 inch (remaja) junior raket (<10 tahun)
  • Weight (<300gr) Balance (Head light)
  • String Patterm (16×19)
  • Stiffness 65-70
  • Senar : Syntetic gut
  • Tegangan : 58/56 – 62/60 pounds

Contoh Raket :

  1. Babolat Pure Drive 107 Cortex
  2. Babolat AeroBlast
  3. Wilson K Factor KThree.FX Racquets
  4. Wilson K Factor KFive 108 OS Racquets
  5. Wilson K Factor KZero Racquets

Raket-raket ini hanya contoh.

Kalau ada tanggapan silahkan dikomentari. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s